Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 30 November 2023 - 16:42 WIB

Amankan Pemilu 2024 di Dua Provinsi, Personel OMB Polda Papua Barat Gelar Simulasi Sispamkota

Personel OMB Polda Papua Barat menggelar gladi simulasi sistem pengamanan dalam kota (sispamkota) untuk pengamanan Pemilu 2024 di markas Polda Papua Barat di Manokwari, Kamis (30/11/2023).

Personel OMB Polda Papua Barat menggelar gladi simulasi sistem pengamanan dalam kota (sispamkota) untuk pengamanan Pemilu 2024 di markas Polda Papua Barat di Manokwari, Kamis (30/11/2023).

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Personel Operasi Mantap Brata (OMB) Polda Papua Barat menggelar gladi simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota).

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Barat, Kombes Pol Erick Kadir Sully, mengatakan simulasi itu untuk memastikan kesiapan personel OMB dalam mengamankan Pemilu 2024 di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD).

“Simulasi ini dilakukan guna memastikan kesiapan personel yang melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 di wilayah perkotaan di dua provinsi,” ujar Erick di markas Polda Papua Barat di Manokwari, Kamis (30/11/2023).

Ia mengatakan, bahwa simulasi sispamkota dengan memperagakan taktik pengaman tahapan Pemilu 2024 yang diawali dengan pengamanan kampanye hingga tahapan pleno penetapan hasil Pemilu.

Baca Juga  Tidak Sinkronnya Nilai pada KUA-PPAS dan Dokumen APBD-P T.A 2023 Kabupaten Manokwari Mendapat Sorotan dari Gabungan Fraksi

“Personel simulasikan pola pengamanan kampanye baik yang berpotensi anarkis maupun kampanye damai di lapangan terbuka,” kata Erick.

Selain pengamanan umum, personel juga simulasikan teknik pengamanan diri dari berbagai kemungkinan gangguan saat tahapan kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara di TPS, hingga proses penghitungan dan rapat pleno di kantor KPU Provinsi Papua Barat.

Dalam kesempatan itu, diperlihatkan juga simulasi dalam menanggulangi aksi massa saat proses penghitungan suara di titik-titik rawan seperti kantor KPU, dan kawasan pusat pemerintahan, serta pusat bisnis.

“Pola pengamanan ini dengan mengedepankan urutan penanganan mulai dari mediasi, pengamanan defensif, sampai pada penguraian massa dengan meriam air dan gas air mata,” kata Erick menjelaskan.

Baca Juga  DPRPB Kantongi Sejumlah Nama Untuk Diusulkan Ke Mendagri 

Senada, Kabid Humas Polda Papua Barat Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes PolbAdam Erwindi, mengatakan simulasi sispamkota yang dilaksanakan ini juga merupakan evaluasi awal tentang kesiapan personel.

Evaluasi awal, sebut Adam, yakni dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dan gangguan yang mungkin akan terjadi pada tahapan pemilu tahun 2024.

“Pelatihan (simulasi) sispamkota bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktis dan teknis personel Polda Papua Barat, sehingga memiliki pedoman serta petunjuk yang jelas dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” tambah Adam Erwindi. (KP/03)

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

LDII Papua Barat Salurkan Ribuan Kilo Daging Kurban Kepada Masyarakat 

MANOKWARI

Waterpauw : OPD Papua Barat Bakal Jadi 34

MANOKWARI

Bupati Manokwari Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja Baru Jemaat Lunow Swapen

MANOKWARI

Lantik Ketua dan Wakil Ketua STT Erikson Tritt Manokwari, Bupati Minta Daya Saing di Sektor Pendidikan Ditingkatkan

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lantik Panitia Pemilihan dan Pengawas MRPB Kabupaten Manokwari Periode 2023-2028

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan SK Plt. Kepala Dinas

MANOKWARI

Sebanyak 63 Pasutri Ikut Sidang Isbath dan Nikah Massal Terpadu Angkatan 1 Tahun 2023

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lantik Pengurus Dewan Hakim MTQ Ke-10 Tingkat Kabupaten Manokwari Tahun 2024